Android serupa Manusia dari Jepang

Android serupa Manusia dari Jepang
Sehaydo - Sebuah robot yang sangat mirip manusia ditampilkan dalam Global Futures 2045 International Congress, sebuah konferensi futuristik yang difokuskan pada teknologi singularitas.
Robotisis Jepang, Hiroshi Ishiguro, direktur Intelligent Robotics Laboratory di Universitas Osaka, Jepang, memaparkan beberapa upaya untuk mengembangkan android hidup. Tapi ada dua Hiroshi Ishiguro di panggung: hidup, satu bernapas dan kelihatan seperti robot. Kemiripan robot manusia ini sangat mencolok, bahkan sampai ke gerakan kecil dan mata berkedip.
Ishiguro telah mengembangkan beberapa robot yang mengesankan selama bertahun-tahun. Satunya di panggung adalah “Geminoid”, sebuah android menyerupai seseorang yang nyata yang diteleoperasikan—dikendalikan dari jauh—oleh rekan panggung. Ishiguro bergurau, ia bisa menggunakan Geminoid untuk memberikan ceramah sebagai penggantinya.
“Orang-orang bisa dengan mudah menerima android sebagai tubuhnya sendiri,” kata Ishiguro.
Ishiguro juga mengembangkan Geminoid lainnya, android yang satu ini model untuk pakaian perempuan, yang berdiri di jendela toko. “Robot ini sangat populer sehingga model pakaian yang dipakainya langsung ludes,” kata Ishiguro.
Selain itu Ishiguro membawa robotnya sebagai bagian dari perjalanan “android teater,” di mana mereka bertindak dalam adegan dengan ekspresi seperti manusia. Robotisis berbakat ini juga membuat “Telenoid”, sebuah bot yang sengaja dirancang untuk tampil awet muda. Ishiguro telah menguji Telenoid di kalangan orang tua di Denmark, yang menerimanya dengan sangat baik.
Penemuan lain Ishiguro adalah “Elfoid”—versi lebih kecil dari Telenoid yang berfungsi sebagai ponsel. Hari ini, semua orang berbicara dengan “kotak hitam kecil” dari smartphone mereka, Ishiguro mengatakan, ingin personalisasi dan memanusiakan perangkat.
Secara kolektif, karya Ishiguro mendorong batas-batas apa yang ia sebut “transkemanusiaan,” di mana batas antara manusia dan teknologi menghilang. Setelah semua itu, ia bertanya, apakah itu manusia?
Pada akhir pembicaraan, robot mirip Ishiguro angkat bicara, bahwa waktu berikutnya, ia akan memberikan presentasi jauh lebih baik daripada Ishiguro yang sebenarnya. (gry/livescience)

Sumber : Inioke.com

Berikut ini ada beberapa Cuplikan Gambar "Robot Android serupa Manusia" , silahkan dilihat :

Android serupa Manusia dari Jepang

Android serupa Manusia dari Jepang

Android serupa Manusia dari Jepang

Android serupa Manusia dari Jepang
Muhammad Mushlih
Muhammad Mushlih

Seorang blogger yang suka mempelajari hal-hal yang baru seputar dunia Teknologi dan Informasi. Dan saya juga suka diskusi bareng di Forum-Forum yang berhubungan dengan Pemrograman Sistem dan Jaringan.

Previous
Next Post »

Jika artikel sederhana ini dirasa bermanfaat, mohon kiranya untuk meninggalkan jejak melalui kolom komentar dibawah ini, Terimakasih
EmoticonEmoticon